Ramadhan di tengah Pandemi, Siswa Tetap Terpantau Beribadah di Rumah

Salah satu siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang sedang membaca Al-Qur’an di rumah.

SMKMUHIJOGJA – SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta memanfaatkan bulan suci Ramadhan 1441 Hijriyah untuk mendidik para siswanya untuk tetap bisa beribadah di rumah. Melalui program kerja Ismuba (al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab), siswa kelas X dan XI dilatih untuk tertib dalam sholat fardhu, membaca dan menghafalkan beberapa surat pendek dalam Al-Quran.

Waka Ismuba Nikmatus Sya’diah, S.Pd.I mengatakan program tersebut wajib dilakukan untuk kelas X dan kelas XI, yang saat ini masih melakukan proses pembelajaran daring. Hal tersebut untuk lebih meningkatkan amal ibadah siswa selama bulan Ramadhan.

“Kami menugaskan para siswa untuk membaca dan menghafal surat pendek, khususnya juz 30. Teknisnya, siswa akan melaporkan setiap dua minggu sekali kepada guru pembimbing, melalui daring,” jelasnya.

Kegiatan bulan Ramadhan 1441 H berbeda dari sebelumnya, karena semua kegiatan termasuk ibadah dianjurkan di rumah. Untuk itu, program “Pesantren Ramadhan” yang biasa digelar diganti dengan sejumlah kegiatan yang dilakukan di rumah masing-masing.

“Semua siswa juga kami minta untuk mengisi lembar monitoring kegiatan Ramadhan yang berisi kegiatan ibadah sholat fardhu, sholat sunnah, tadarus, hingga hafalan surat pendek,” tambahnya.

Waka Ismuba SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta berharap siswa lebih termotivasi untuk beribadah selama bulan Ramadhan. “Semoga dengan waktu yang ada siswa lebih rajin dan lebih tertib, tentunya dengan pengawasan orangtua masing-masing di rumah secara langsung,” kata Nikmatus Sya’diah, S.Pd.I. (ak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *