Dinamika SMK

SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta berdiri pada tanggal 1 Agustus 1958 bertempat di Sekolah Menengah Ekonomi Pertama (SMEP) Muhammadiyah 1 Jalan Pathuk Yogyakarta, yang dipelopori oleh Bapak Muchsin. Pimpinan sekolah pertama sebagai pengelola adalah Bapak Dawami Achmad, ST. dan Bapak Drs. Moehadi Sofyan (1958). Saat itu bernama SMEA Muhammadiyah, baru saja berjalan kemudian pidah ke Ndalem Poespo (sebelah barat pojok beteng) yang kini dikenal Jalan Mayjen Sutoyo, dan saat itu masih sulit mendapatkan siswa meskipun sudah berlabel Muhammadiyah.

Pada tanggal 1 Agustus 1960 SMEA Muhammadiyah pindah bertempat di Ndalem Poeger sebelah timur Rumah Sakit Pugeran di Jalan Mayjen Sutoyo, Kepala Sekolah resmi Bapak Dawami Achmad, ST. dan Wakilnya Bapak Drs. Moehadi Sofyan. Sekolah masuk sore, bersama dengan SMEP Muhammadiyah yang masuk pagi.Kemudian tahun 1961/1962 SMEA Muhammadiyah menyewa bersama SMEP Muh. 1 di Ndalem Puspo, akan tetapi tetap masih masuk siang hari dan masih kesulitan mendapatkan siswa yang cukup. Padahal pada saat itu baru ada 2 SMEA, yaitu SMEA Negeri 1 masuk pagi, dan SMEA Negeri 2 masuk sore. Kemudian menyusul SMEA Swasta Santo Thomas dan SMEA PIRI yang semua berada di kota.

Melanjutkan babak baru dengan hijrah kembali menempati Ndalem Suryo sekaligus masuk pagi dengan harapan ada kecerahan bisa mendapatkan siswa baru yang memadai, namun tantangan baru muncul dengan lahirnya SMEA Muhammadiyah 2 di Kauman, yang memiliki tempat representative serta merupakan peninggalan alm. KHA. Dahlan pendiri Muhammadiyah di Kauman Yogyakarta yang dimotori oleh Bapak Haifani Hilal, B.Sc, dan Mujiharjo, B.Sc. Pada tahun 1970 SMEA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengalami pergantian Kepala Sekolah baru dari Bapak Dawami Achmad, ST. kepada Drs. Jajuli yang hanya menjabat beberapa bulan, karena diangkat menjadi dosen di FKIP Negeri Surabaya. Jabatan Kepala Sekolah dirangkap oleh Drs. Moehadi Sofyan sekaligus kepala SMA Muhammadiyah 3 dan pimpinan surat kabar Mercusuar.

Tahun 1972 / 1973 benar-benar ujian berat bagi SMEA Muhammadiyah 1 yang nyaris berakhir. Selain siswanya yang tidak memadai tempat untuk KBM juga digunakan tempat SMA ISLAM yang saat itu Ketua Yayasannya Alm. Prop. Dr. Ahmad Badawi. Karena jabatan rangkap yang dilakukan Bapak Moehadi Sofyan ( SMA Muhammadiyah 3 dan SMEA Muhammadiyah 1 ), maka jabatan Kepala Sekolah dijabat oleh Bapak Noeryono, BA. yang kemudian beliau diangkat menjadi guru PNS di SMP Negri Bijiharjo Wonosari Gunungkidul. Selanjutnya akibat dari diberlakukannya Kepala Sekolah minimal Golongan III/c, maka praktis Drs. Moehadi Sofyan yang harus mandegani sebagai pengelola, yang masih menjabat Wakil Kepala Sekolah SMEA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Namun Alhamdulillah pada tahun 1986 beliau Bapak RH.Wachmad Hardjo Puspito mewakafkan tanahnya di kampong Nitikan. Menyusul bantuan dari Majelis Dikdasmen Kodya Yogyakarta terealisasi pondasi Gedung SMEA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang sekarang di jalan Nitikan baru. Pada tahun 1995 Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM Prop. D.I.Y memberikan uluran tangan berujud satu unit gedung bertingkat, Sementara hijrah SMEA Muhammadiyah 1 Yogyakarta berlangsung lagi, dan jabatan Kepala Sekolah pun begitu juga dari Bapak. Noeryono, BA kepada Suhardi, pensiunan Kepala SMP Bejiharjo. SMEA Muhammadiyah 1 pindah lagi ke SD Muhammadiyah Danunegaran, kemudian terakhir tahun 1995 hijrah ke Nitikan Baru dengan satu unit gedung bertingkat. Dan dengan Kepala Sekolah berturut-turut Bapak Noeryono, Bapak Suhardi dan Bapak Mujihardjono, B. Sc.

Dengan adanya perubahan kurikulum dan undang-undang pendidikan yang mengharuskan perubahan nama sekolah menengah kejuruan dengan SMK, maka tanggal 7 Juli 1997 SMEA Muhammadiyah 1 ditetapkan Majelis Dikdasmen PWM Prop. D.I.Y menjadi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pada tanggal 7 Juli 1997 diadakan serah terima jabatan kepala sekolah, sebagai pejabat pelaksana harian Kepala Sekolah SMK Muh 1 Yogya Ibu Siti Asiyah, BA dan YMT Drs. Sumaryanto Marzuki.
Dalam perjalanannya,  SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada tanggal 24 Maret 1998 untuk tahun pelajaran 1998/1999 mendapat Akreditasi DIAKUI.

  • Tanggal 15 Mei 2000, penetapan Bidang keahlian Bisnis Manajemen dan Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Penjualan Tanggal 15 Mei 2000 mendapat jenjang Akreditasi DISAMAKAN
  • Pada tanggal 14 April 2001 secara resmi Ibu Siti Asiyah, BA. menyerahkan jabatan kepala sekolah kepada Bapak Drs. Maryanto Marzuki.
  • Tanggal 29 Agustus 2001  mendapat rekomendasi dari PDM Kota Yogyakarta, untuk pembangunan Gedung unit II berlantai dua di sebelah barat Gedung unit 1.
  • Tanggal 18 Mei 2004 mendapat Rekomendasi dari Wali Kota Yogyakarta untuk membuka Program Teknik Informatika.
  • Tanggal 15 Juni 2005 mengikuti akreditasi dua program keahlian Akuntansi dan Penjualan masing-masing A.

Selanjutnya terjadi pergantian Kepala Sekolah pada tanggal 28 Januari 2006 di PDM Kota Yogyakarta dari Bapak Drs. Sumaryanto Marzuki kepada Drs. H.M. Abu Shoim Nur dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Perkembangan selanjutnya dimulai pada tahun 2011 dengan adanya pergantian Kepala Sekolah dari Drs.H.M. Abu Shoim Nur kepada Drs. H. Suprihandono, M.M. Pada masa kepemimpinan inilah SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta memulai babak baru. Berbagai pembaharuan fisik dilakukan, mulai dari wajah depan gedung sekolah, penambahan unit gedung, hingga pembuatan area parkir yang lebih memadai. Selain itu, pada kepemimpinan Drs. H. Suprihandono, M.M. ini juga dilakukan pembukaan kompetensi keahlian baru yaitu Teknik Komputer dan Jaringan di tahun pelajaran 2012/2013. Perkembangan siswa juga meningkat secara signifikan menjadi 14 kelas paralel. Dalam segi akademik, pada tahun pelajaran 2014/2015, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta telah berhasil menduduki peringkat pertama nilai UN SMK Muhammadiyah se-kota Yogyakarta.

Pada tahun 2015, dilaksanakan penilaian Akreditasi Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan dengan memperoleh predikat akreditasi A. Selain itu, pada tahun pelajaran 2016/2017 dibawah kepemimpinan beliau telah berhasil mendapatkan ijin pembukaan Kompetensi Keahlian baru yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, yang operasionalnya dimulai pada tahun 2017/2018. Kepemimpinan Bapak Drs. H. Suprihandono, M.M. berakhir pada 30 Juni 2017 dikarenakan mendapatkan promosi jabatan sebagai Kepala Sekolah di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sedangkan Kepemi
mpinannya diganti dan dilanjutkan oleh Ibu Widi Astuti, S.Pd. yang sebelumnya telah menjabat sebagai Wakaur Kurikulum SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Tahun pelajaran 2017/2018, atas dukungan dari Lembaga Seni Budaya dan Olahraga PWM DIY, Majelis Dikdasmen PWM DIY, Dunia Usaha/ Dunia Industri, Sumberdaya Manusia dan Sumberdaya peralatan yang dimiliki, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta mencoba untuk mengajukan pembukaan Bidang Keahlian baru yaitu Seni dan Industri Kreatif, Program Keahlian Seni Broadcasting dan Film, Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi.

Berdasarkan hasil penilaian dari Dinas PendidikanPemuda dan Olahraga serta Dinas Perijinan, pada tahun pelajaran 2018/2019 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta resmi membuka Bidang Keahlian baru yaitu Seni dan Industri Kreatif, Program Keahlian Seni Broadcasting dan Film, Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi

Adapun Kepala Sekolah yang memimpin SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta dari periode pertama sampai terakhir sebagai berikut :

  • H. Dawami Achmad    (1958 – 1969)
  • Drs. Jazuli    (1970 )
  • Moehadi Sofyan    (1970 – 1986)
  • Noeryono    (1986 – 1988)
  • Drs. Suhardi     (1989 – 1994)
  • Mudjihardjono, B.Sc    (1995 – 1997)
  • a. Siti Asiyah, BA. (sebagai PLH)
  • b. Drs. Sumaryanto Mz (sebagai YMT)     (1998 – 2001)
  • Drs. Sumaryanto Marzuki    (1998 – 2001)
  • Drs. HM. Abu Shoim Nur    (2006– 2011)
  • Drs. H.Suprihandono, M. M. (2011 – 2017)
  • Widi Astuti, S.Pd. (2017-2021)