Ingin Menjadi Guru Keren dan Sukses? Ini Kuncinya!

milad_pengajian

SMKMUHIJOGJA – Menjadi seorang guru tidak hanya ditugaskan untuk mendidik atau mengajarkan materi kepada siswa. Namun seorang guru merupakan seorang pemimpin pembelajaran, inisatif, sekaligus fasilitator pembelajaran. Lalu, bagaimana jika ingin menjadi guru yang keren dan sukses?

Penulis sekaligus motivator Budi Jaya Putra, S.Th.I, M.H, menyebutkan kunci dari menjadi guru yang keren dan sukses adalah 4K, yaitu kemerdekaan, kompetensi keilmuan, kolaborasi dan karir. Menurutnya, seorang guru harus memiliki karakter pertam yaitu merdeka dengan metode pembelajaran yang baik.

“Seorang pendidik harus mampu memberikan ilmunya kepada siapapun. Hilangkan kebiasaan lama, ubah kebiasaan yang baru. Itu kunci merdeka bagi para pendidik,” jelas Budi disela-sela kajian dalam rangkaian acara Milad ke-62 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, sabtu (01/08/2020).

Selain itu, seorang guru juga harus mampu memiliki kompetensi keahlian yang mumpuni. Beragam pengetahuan bisa ditambah melalui agenda-agenda webinar dalam masa pembelajaran daring ini.

Menurutnya, seorang pendidik juga harus berkolaborasi dengan siapapun, misalnya dengan siswa, sesama guru, bahkan karyawan. Sehingga bisa menambah karir bagi sang pendidik tersebut.

“Sebagai guru harus naik tingakatannya, kalau karyawan naikkan pengetahuannya. Siswa naikkan juga pengetahuannya. Jadi jangan sampai kita itu sebagai pendidik tidak nambah karirnya,” ungkap salah satu dosen UAD tersebut.

Ia juga mengkritik salah satu yang hilang dari dunia pendidikan khususnya SMK yaitu ilmu hikmah. Artinya bagaimana mencari sesuatu hikmah dari sebuag pelajaran, seperti kisah nabi Ibrahim yang mencari Tuhan.

“Ingat, semua orang bisa menjadi guru. Tetapi tidak semua orang bisa menjadi pendidik,” tutupnya. (ak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *