Kaderisasi Khotib, SMK Muhiyo Gelar Pelatihan Khutbah Jum’at

Salah satu guru sedang menyampaikan materi khutbah Jum’at

SMKMUHIJOGJA – SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta menggelar Pelatihan Khutbah Jum’at yang diikuti oleh sejumlah guru dan karyawan, Kamis (17/9/2020). Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya kaderisasi dai di lingkungan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Koordinator kegiatan pelatihan khutbah jum’at Muhammad Irfan Faturrahman, S.Hum menjelaskan pelatihan tersebut untuk mempersiapkan guru dan karyawan dari bidang apapun untuk siap jika suatu saat harus tampil di depan publik, khususnya dalam kajian agama.

“Pelatihan khotib dirasa penting dengan melihat realita yang ada seperti suatu masjid kekurangan penceramah, atau hanya itu-itu saja, atau sudah sangat sepuh,” katanya.

Sebelum satu persatu tampil selayaknya khutbah, para guru dan karyawan dibekali oleh tim Ismuba terlebih dahulu berkaitan dengan rukun dan syarat khutbah jum’at. Selain itu juga dipaparkan perbedaan antara pidato, ceramah dan khutbah.

“Agenda ini memang sudah lama digadang, akan tetapi baru bisa terlaksana. Kedepan mungkin akan lagi ada follow up dari pelatihan sebelumnya, karena kita hari ini masih terfokus pada tata caranya, belum terfokus pada materi khutbah,” imbuhnya.

Selain mempersiapkan kaderisasi di lingkungan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, para guru dan karyawan bisa mengambil dan mempraktekkan ilmu yang sudah ada, menambah kepercayaan diri dan semakin bersemangat untuk berlatih khutbah jum’at. (ak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *