Muhammadiyah Ingatkan Pendidikan Era 4.0 Saat Pandemi Covid-19

Ketua Majelis Dikdasmen PWM DIY, Ahmad Muhammad memaparkan kebijakan pendidikan sekolah muhammadiyah di masa pandemi

SMKMUHIJOGJA – Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY DR. Achmad Muhammad, M. Ag, mengingatkan saatnya pendidikan revolusi industri 4.0 mulai diperkuat saat pandemi covid-19 ini. Era tersebut menggambarkan berbagai cara mengintegrasikan teknologi cyber baik fisik maupun non fisik dalam pembelajaran.

“Pandemi Covid-19 mengingatkan kita bahwa pendidikan era 4.0 merupakan fenomena yang harus direspon dengan penyesuaian kurikulum baru sesuai saat ini,” terang Achmad Muhammad, saat memberikan pengarahan dalam Rapat Kerja SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Selasa (14/7/2020).

Pembelajaran dan kurikulum tersebut harus mampu membuka jendela dunia contohnya dengan memanfaatkan internet. Menurutnya, paradigma pendidikan era 4.0 memicu untuk memahami setidaknya penggunaan teknologi digital baik pengajar maupun peserta didik. Selain itu, siswa juga dipaksa untuk mengeskplorasi teknologi dan indormasi melalui inovasi-inovasi dalam tugas yang diberikan.

“Penyesuaian ini diperlukan dalam menerapkan pendidikan era 4.0, tidak dipungkiri pandemi ini menjadi salah satu pendorong penerapan sistem tersebut,” imbuhnya.

Untuk itu, setidaknya ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh para pengajar agar penerapan pendidikan era 4.0 bisa berjalan maksimal. Yang pertama, keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Yang kedua, keterampilan komuniasi dan kolaborasi.

“Kompetensi yang harus dimiliki para pengjar yang ketiga adalah berpikir kreatif dan invatif dan keempat yaitu literasi teknologi dan informasi,” jelas Achmad Muhammad di hadapan para guru SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Ditengah pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat ini, pendidikan era 4.0 dapat diterapkan dengan penyesuaian tertentu. Sebagai informasi, saat ini SMK Muhammadiyah menerapkan pembelajaran melalui aplikasi e-learning berbasis moodle, yang memuat model pembelajaran dintaranya modul, audio visual, serta pembelajaran live melui KMUHITV. (ak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *