Produksi dan Siaran Program Televisi (Broadcasting)

Tujuan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta membuka Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi adalah mempersiapkan lulusan di bidang Produksi dan Siaran Program Televisi yang siap kerja, dimana dalam beberapa tahun terakhir terdapat semakin banyak stasiun televisi dan media broadcasting yang tersebar di seluruh Indonesia. Stasiun televisi mulai berlomba mengembangkan program-program siaran yang menarik karena melihat minat masyarakat yang begitu tinggi.

Hal yang mendorong perusahaan stasiun televisi untuk terus mengembangkan perusahan adalah besarnya pangsa pasar. Karena semakin banyak perusahaan stasiun televisi yang mengembangkan program-program menghibur, maka akan memicu persaingan yang semakin tajam, sehingga peluang lulusan Produksi dan Siaran Program Televisi untuk menjadi tenaga siap pakai di bidang Produksi dan Siaran Program Televisi akan semakin terbuka lebar.         

Production

       

 

 

 

 

Kompetensi Produksi dan Siaran Program Televisi adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang bertakwa, berakhlak mulia, produktif, adaptif, kreatif dan inovatif di bidang industri kreatif khususnya Produksi dan Siaran Program Televisi serta mampu melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
  2. Meningkatkan kecerdasan yang bermartabat didasari asas kecakapan hidup di bidang industri kreatif khususnya Produksi dan Siaran Program Televisi.
  3. Menghasilkan tamatan yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja baik nasional, regional maupun internasional di bidang industri kreatif khususnya Produksi dan Siaran Program Televisi.
  4. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar mampu mengembangkan diri baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  5. Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
  • Memelihara fasilitas dan mengoperasikan peralatan studio
  • Memasang atau mengganti peralatan-peralatan broadcasting
  • Mengkonfigurasi software-software broadcasting
  • Menjamin kualitas output siaran
  • Mengawasi pekerjaan teknis dibidang broadcasting

Prospek Kerja Lulusan Kompetensi Keahlian Rekayasa perangkat Lunak :

  1. Wirausaha di bidang Content Creative Production
  2. Menjadi Jurnalis
  3. Menjadi Presenter
  4. Menjadi Cameraman
  5. Menjadi visual dan audio editor