PWM DIY Ingatkan Pelajar SMK Harus Memiliki Kompetensi yang Unggul

SMKMUHIJOGJA – Wakil Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Drs. Marwata HN, M.Pd mengingatkan pelajar SMK harus memiliki kompetensi yang unggul dan bisa dipraktekkan, menyusul program bantuan Center of Excellence (CoE) SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

“CoE ini salah satu program bagaimana anak-anak tamatan SMK nanti betul-betul memiliki kompetensi yang unggul dan bisa diterima di IDUKA (Industri dan Dunia Kerja) atau menjadi wirausaha di tengah masyarakat,” kata Marwata, Senin (12/10/2020) saat workshop sosialisasi dan penyusunan dokumen pembelajaran SMK Center of Excellence (CoE) di Aula SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Penyusunan kurikulum juga diminta untuk lebih diperhatikan sehingga siswa bisa memiliki kompetensi yang dipraktekkan dan diamalkan. Ia yakin dengan para pendidik yang dimiliki SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta memiliki komitmen dan inovasi yang baik.

“Saya berpesan kepada para guru, marilah kita antar siswa kita penuh tanggung jawab dan humanis, bahwa mereka adalah calon pemimpin masa depan. Semoga SMK Muhiyo mencetak lulusan yang sukses,” lanjutnya.

Meskipun saat ini siswa masih melakukan Belajar di Rumah (BDR), PWM DIY meminta para guru produktif untuk melakukan pembelajaran terbaik. Pasalnya, SMK tanpa mata pelajaran produktif dinilai sangat mustahil.

“Carilah waktu yang terbaik untuk anak-anak, tetap memberikan suasana bahwa belajar produktif itu untuk meningkatkan kompetensi. Ini perlu strategi,” jelas Marwata.

Marwata berharap penyusunan kurikulum pembelajaran bisa berjalan dengan baik khususnya program CoE tersebut, sehingga kegiatan ini bagian dari ibadah dan dakwah. (ak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *