Serah Terima Jabatan Kepala SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta

SMKMUH1JOGJA – Pergantian kepemimpinan di suatu instansi adalah hal yang lumarah, begitu pula dengan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pada tahun pelajaran 2017/2018, SMK Muhamamdiyah 1 Yogyakarta dipimpin oleh pemimpin baru dari Kepala Sekolah Lama Bapak Drs. H. Suprihandono, M.M kepada Ibu Widi Astuti, S.Pd.

Kepala Sekolah Periode 2011-2017 Bapak Drs. H. Suprihandono, M.M. mendapatkan promosi jabatan baru dari Majelis Pendidikan Dasar Menengan Pimpinan WIlayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (Majelis DIKDASMEN PWM DIY) menjadi Kepala SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta untuk periode 2017-2021. Sedangkan sekolah yang ditinggalkannya dipegang oleh Ibu Widi Astuti, S.Pd. yang sebelumnya adalah Wakaur Kurikulum SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Pelantikan kepala sekolah telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu di Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY. Sedangkan serah terima jabatan dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2017. Hadir pada acara serah terima jabatan tersebut adalah Perwakilan dari Pengurus PDM Kota Yogyakartam, Majelis DIKDASMEN PDM Kota Yogyakarta, Pengawas Majelis DIKDASMEN PDM Kota Yogyakarta, Kepala Balai Dikmen Kota Yogyakarta, Kepala Sekolah Muhammadiyah SMK Se-Kota Yogyakarta, QMS SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Komite Sekolah, Tetangga Terdekat dan Guru Karyawan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta beserta IPM.

Dalam sambutannya, Bapak Drs H. Suprapto, M.A., selaku perwakilan dari PDM Kota Yogyakarta mengucapan terimakasih atas kerja keras Bapak Drs. H. Suprihandono, M.M. selama tahun 2011-2017 yang telah membawa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta menjadi besar dan maju seperti sekarang. Beliau juga berpesan untuk kepala sekolah baru Ibu Widi Astuti, S.Pd. bahwa tugas fungsi kepala sekolah : supervisor, edukator, motivator yang dari ketiga fungsi tersebut harus bisa dijalankan secara bersama-sama. Pesan beliau juga bahwa faktor keberhasilan sekolah ditentukan dengan kerjasama Kepala Sekolah, Guru, dan Karyawan. Harapan dari PDM kepada Ibu Widi Astuti, S.Pd selaku pemangku Kepala Sekolah baru untuk bisa membawa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta lebih baik lagi dari sebelumnya.

Serah terima ditandai dengan penandatangan Berita Acara Serah Terima Jabatan yang disaksikan oleh Ketua Majelis Diksasmen Bapak Dr. H. Ariswan, M.Si, DEA dan Bapak Sigit Haryo  Yudhanto, S.Psi. Secara simbolis Serah Terima Jabatan ini diserahkan RKAS 16/17 Dan Rancangan RKAS 17/18 dari Kepala Sekolah Lama kepada Kepala Sekolah Baru.

Pada sambutannya, Bapak Drs. H. Suprihandono, M.M. menekankan bahwa salah satu keberhasilan pada masa kepemimpinannya adalah mengubah kultur berpakaian guru putri untuk lebih Islami. Sedangkan keberhasilan sekolah berkat kerjasama, sinergitas dari setiap komponen di sekolah. Ibu Widi Astuti S.Pd. juga pada sambutannya menyampaikan siap melanjutkan program-program yang telah dirancang sebelumnya demi kemajuan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *