Siap Terjun ke Dunia Kerja, Siswa Broadcasting Produksi Talkshow “Kandang Inspirasi”

KANDANG INSPIRASI 2

SMKMUHIJOGJA – Puluhan siswa kelas X dan XI SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta kembali melakukan praktikum produksi program acara televisi “Kandang Inspirasi” di Studio 2 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Sabtu (24/1/2020). Sebelumnya, siswa Broadcasting melakukan acara talkshow serupa di awal tahun 2019.

“Kandang Inspirasi” merupakan acara talkshow yang digagas oleh kompetensi keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi (Broadcasting), yang melibatkan puluhan siswa sehingga menciptakan konten karya produksi televisi.

Talkshow “Kandang Inspirasi” episode kedua ini, bertema “Sambat Santuy Bareng Sutradara Film Indie” dengan menghadirkan narasumber Sutradara Film Reza Fahriasnyah, yang karyanya pernah masuk dalam program kompetisi internasional, yaitu Clermont-Ferrand International Short Film Festival ke-41 di Perancis.

Ketua Kompetensi Keahlian Broadcasting SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Budi Putra menyatakan acara talkshow “Kandang Inspirasi” merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap semester, bertujuan mengetahui kompetensi para siswa Broadcasting.

“Dari namanya aja Kandang, itu kita ya masih kotak, masih kotor, pemula. Sedangkan inspirasi, kami ingin semua siswa menorehkan inspirasi di tempat tersebut. Kami juga ingin para siswa memiliki kreatifitas yang lebih tinggi, setelah mereka mempelajari teori di kelas,” jelas Budi Putra.

Persiapan Produksi Talkshow “Kandang Inspirasi” dilakukan sebelum liburan semester gasal. Sementara di awal semester genap, dilakukan proses pematangan produksi. Sementara persiapan sebelum shooting digelar dua hari. Mulai dari tata artistik panggung, tata kamera, tata cahaya, hingga talent.

“Saya berharap mereka (siswa Broadcasting) bisa melakukan tugasnya masing-masing, dan memahami perannya yang hampir mirip dalam dunia kerja di bidang Pertelivisan,” sambung Budi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Widi Astuti menyatakan apresiasi kepada siswa kompetensi keahlian Broadcasting yang telah memproduksi talkshow episode kedua.

“Saya apresiasi karena siswa Broadcasting sebelum live telah bekerja keras. Semoga acara ini bisa menjadi semangat untuk terus berkarya mereka. Sekaligus siap untuk terjun ke dunia kerja,” kata Widi Astuti.

Talkshow “Kandang Inspirasi” edisi kedua berdurasi satu jam, bisa ditonton di KMUHI TV melalui channel Youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *