Siswa Belajar dari Rumah (BDR), SMK Muhiyo Lakukan Home Visit

      Comments Off on Siswa Belajar dari Rumah (BDR), SMK Muhiyo Lakukan Home Visit

Guru wali kelas saat melakukan home visit ke salah satu siswa SMK Muhiyo

SMKMUHIYO – Tim Bimbingan Konseling (BK) SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta melakukan kunjungan ke rumah siswa atau home visit selama masa pandemi Covid-19 ini. Selain tim BK, wali kelas juga melakukan hal yang sama untuk memantau kegiatan siswa ketika KBM daring di rumah.

Koordinator Bimbingan dan Konseling Reni Indra Wijayanti, S.Pd. menjelaskan home visit merupakan salah satu program dari sekolah bekerjasama dengan Bimbingan dan Konseling dengan mengunjungi siswa untuk bersilaturahmi lebih dekat dan untuk mengetahui kondisi siswa sesungguhnya di rumah.

“Ketika home visit, kami bertemu dengan siswa dan orangtua, menanyakan keadaan, menanyakan tentang kegiatan BDR di rumah ada kendala atau tidak. Jadi jika ada kesulitan kita bantu langsung atau kita komunikasikan dengan sekolah,” ujarnya.

Menurutnya, permasalahan di rumah adalah banyak siswa yang belum menyelesaikan project work dalam mata pelajaran produktif atau tugas dari mata pelajaran muatan nasional dan kewilayahan. Kendala tersebut disebutkan karena akses internet dan kebingungan siswa terhadap materi yang diberikan.

“Di masa pandemi ini memang sekolah telah memberikan subsidi kuota dua kali ya, kemudian sistem pembelajaran daring kami lakukan dengan berbagai metode. Mudah-mudahan kuota subsidi internet betul-betul dimaksimalkan oleh siswa,” sambungnya.

Sebelumnya, program home visit ini telah dijalankan sebelum pandemi Covid-19 ke seluruh siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

“Kami berharap dengan adanya program home visit ini pihak sekolah dan khususnya wali kelas mengetahui kondisi siswa sesungguhnya dan bisa segera membantu menyelesaikan problematika yang dihadapi siswa,” tutupnya. (ak)