SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Bagikan Daging Kurban kepada Siswa dan Warga

iduladha_baksos

SMKMUHIJOGJA – SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta setiap tahunnya mengajak siswa, orangtua siswa dan guru untuk menyalurkan kurban lewat sekolah. Di tahun 2020 ini, sekolah berhasil mengumpulkan hewan kurban berupa dua ekor sapi dan satu ekor kambing.

Ketua panitia penyembelihan hewan kurban 2020 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Adil Syahputra, S.E, menjelaskan hewan kurban tersebut berasal dari dua sumber. Pertama, kurban atas nama sejumlah guru. Kedua, kurban atas naman pribasi siswa maupun orangtua siswa.

Seluruh hewan kurban tersebut dipotong pada Senin (3/8/2020) di sekolah. Hewan sapi dan kurban dipotong oleh seluruh guru dan karyawan.

“Berhubung ini masih masa transisi setelah pandemi, jadi yang telibat pemotongan hanya guru dan karyawan, sekaligus mereka semua yang melakukan penanganan daging kurban yang siap didistribusikan,” jelas Adil.

Puluhan paket daging sapi dan daging kambing disitribusikan kepada guru, siswa dan warga sekitar lingkungan sekolah. Menurutnya, pembagian paket daging sapi dan kambing tersebut diutamakan kepada yang lebih berhak.

Lanjutnya, hewan kurban bermakna untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus yang paling utama memunculkan rasa ikhlas dari shohibul qurban.

“Kurban itu kan berasal dari qariba yang artinya mendekatkan diri. Harapannya bukan hanya sekedar mendapat daging sapi, tapi lebih berupaya motivasi buat lainnya untuk bisa berkurban,” jelas Guru Ismuba tersebut. (ak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *