SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Ditunjuk Menjadi Center of Excellence (COE) Bidang Animasi

Salah satu siswa SMK sedang mengerjakan project salah satu animasi

SMKMUHIJOGJA– Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjuk SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta menjadi Pusat Keunggulan atau Center of Excellence, Prioritas Sektor Ekonomi Kreatif di bidang Animasi tahun 2020.

Revitalisasi SMK pada hakikatnya merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja sekolah agar mencapai level tingkatan tertinggi atau unggul, sehingga layak disebut sebagai pusat keunggulan atau Center of Excellence.

Penunjukan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta berdasarkan tingakatan keunggulan satu sekolah yang diukur dengan melihat capaian dari setiap komponen terkait dan saling mempengaruhi satu sama lain secara kumulatif yang mencerminkan status atau tingkat keunggulan suatu sekolah, mulai dari input, proses, output, outcome serta impact.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Widi Astuti, S.Pd menjelaskan penunjukan SMK Muhiyo sebagai COE diharapkan bisa mampu bisa meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang menghasilkan lulusan sesuai dengan tuntutan dinamika ketenagakerjaan di dunia industri.

“Alhamdulillah, kami mendapatkan bantuan COE di bidang animasi, sehingga harapannya dengan dukungan pemerintah tersebut, kompetensi keahlian Multimedia yang kami miliki bisa lebih mempunyai keunggulan di bidang animasi,” tuturnya.

Sementara untuk kompetensi keahlian Broadcasting direncanakan akan fokus menghasilkan karya di bidang film dan penyiaran. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir konsentrasi tersebut menghasilkan sejumlah karya film pendek dan film dokumenter. (ak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *