SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Targetkan Empat Kali Khatam Al-Qur’an

Guru dan Karyawan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta saat mengikuti acara Pengajian setiap bulan yang berlangsung sebelum pandemi covid-19.

SMKMUHIJOGJA – SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta rutin menggelar pengajian setiap bulannya. Namun, bulan suci Ramadhan kali ini dilakukan dengan kegiatan yang berbeda, yaitu menargetkan empat kali khatam Al-Qur’an. Hal ini berkaitan dengan masa pandemi virus corona, yang mengakibatkan semua kegiatan dilakukan di rumah.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Widi Astuti, S.Pd mengatakan pihaknya berkomitmen di bulan Ramadhan ini, dengan menyelesaikan 30 juz dalam membaca Al-Quran. Setiap guru dan karyawan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, mendapatkan porsi satu juz.

“Pada Ramadhan kali ini, kita berupaya untuk bisa mengkhatamkan Al-Quran 30 juz. Bahkan bisa empat kali khatam, karena dari masing-masing guru dan karyawan menamatkan bacaan satu juz,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan tadarus Al-Quran tersebut, dilakukan di rumah masing-masing. Dengan ketentuan durasi satu minggu, ditargetkan bisa mengkhatamkan Al-Quran hingga empat kali selama bulan Ramadhan ini.

“Kegiatan yang dilakukan ini memang agenda pertama kalinya, karena kami tidak bisa langsung bertatap muka di sekolah. Ini adalah ikhtiar kami untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan di tengah pandemi ini, juga sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah,” ujarnya.

Sementara itu, kegiatan selama Ramadhan untuk siswa sudah ditetapkan melalui Waka Ismuba SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Siswa diminta untuk menghafal surat pendek dan mengisi Lembar Monitoring Kegiatan Ramadhan. (ak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *