Waspada Pandemi Virus Corona, KBM Daring Diperpanjang Hingga 22 April 2020

Sejumlah siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta saat pembelajaran menggunakan sistem daring

SMKMUHIJOGJA – Untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap pandemi virus Corona, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang dilakukan secara daring diperpanjang hingga tanggal 22 April 2020. Hal ini sesuai dengan kebijakan dari pemerintah dan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Sebelumnya, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta menerapkan KBM daring selama dua pekan mulai 23 Maret hingga 4 April 2020.

Sistem pembelajaran daring yang digunakan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui e-learning sekolah yang dibuat tim IT SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan menggunakan Google Classroom. Siswa diberikan materi pelajaran sesuai jadwal dan mengirim tugas melalui sistem tersebut sesuai tenggat waktunya. Hal ini berlaku untuk kelas X dan XI dan semua kompetensi keahlian, diantaranya Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AK), Multimedia (MM), serta Produksi dan Siaran Program Televisi (Broadcasting).

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Widi Astuti, S.Pd mengatakan sistem pembelajaran daring sudah diterapkan di sekolah. Pasalnya, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta merupakan sekolah yang berbasis teknologi dan informasi. Namun, pembelajaran daring tersebut, berlaku untuk materi atau tugas mata pelajaran tertentu.

“Kami sudah menerapkan teknologi di sekolah, untuk itu siswa terbiasa untuk melakukan sistem KBM tersebut. Meskipun ada kelemahannya, karena saat ini para guru tidak bisa bertatap muka langsung dengan siswa,” jelas Widi Astuti, S.Pd.

Guru SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta memastikan telah menyusun rencana pembelajaran daring dengan memberikan materi, lembar kerja, metode, media serta evaluasinya yang relevan sesuai dengan kompetensi dasar. Tugas yang diberikan oleh guru beragam, mulai dari tugas teori maupun praktek yang bisa dijangkau oleh siswa. Sistem pembelajaran yang digunakan pun dibagi menjadi dua, yaitu pemberian materi dan pemberian tugas.

“Dalam periode satu minggu kita berikan materi atau modul yang disediakan guru, kemudian minggu berikutnya siswa diberikan tugas. Nilai dari tugas tersebut kami beritahukan kepada orangtua siswa,” tambahnya.

Pembelajaran daring diberlakukan hingga 22 April 2020 atau hingga waktu situasi yang ada. Sementara libur awal Ramadhan berlaku mulai tanggal 23 s.d 25 April 2020.

“Selama jangka waktu tersebut dimohon orangtua memantau agar peserta didikk benar-benar berada di rumah dan mengingatkan kepada peserta didi untuk waspada dan membiasakan hidup bersih dan sehat, juga sholat lima waktu dan tadarus di rumah,” kata Widi Astuti, S.Pd. (ak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *