Workshop Penguatan Karakter Berbasis Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja

SMKMUHIYO- SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta melaksanakan salah satu dari rangkaian program SMK Pusat Keunggulan Kemendikbudristek. Program ini selaras dengan salah satu visi Presiden dalam Pembenahan Pendidikan Vokasi sebagai strategi pengembangan SDM Indonesia.

Workshop Penguatan Karakter Berbasis Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK) merupakan program pengembangan karakter peserta didik, terutama dalam budaya kerja di Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja (DUDIKA) di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 28 Oktober 2021 pukul 12.30 di Studio Animasi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK) merupakan mata pelajaran dengan 9 tema, dengan 2 tema wajib yaitu kebekerjaan dan budaya kerja serta 1 tema pilihan. SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta melaksanakan pembelajaran P5BK dengan menggunakan tema wajib, yaitu tema kebekerjaan dan budaya kerja dan memilih tema kewirausahaan sebagai tema pilihan.

Hadir sebagai narasumber, bapak Harimawan, S.T. selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Bantul dan Instruktur Nasional P5BK yang menyampaikan tentang budaya kerja 5R dan cara penerapannya di sekolah. Budaya kerja yang paling mudah bisa diterapkan dari diri sendiri, misalnya penataan buku dan barang lainnya di meja kerja. Selanjutnya, budaya 5R harus menjadi tanggung jawab bagi seluruh warga yang ada di sekolah.

“Budaya kerja yang berlaku di industri ada 3, yaitu tulis apa yang kamu kerjakan, kerjakan apa yang kamu tulis, dan lakukan perbaikan terus menerus” ungkap bapak Harimawan.