Roots Day : Deklarasi dan Penandatanganan 30 Agen Perubahan Roots SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta

SMKMUHIYO- Generasi muda adalah aset bangsa yang memegang peranan penting dalam memajukan kehidupan dan kemakmuran bangsa. Salah satu penentu kualitas generasi muda yang unggul bukan hanya dilihat dari segi akademiknya saja, akan tetapi juga ditentukan oleh sikap dan perilaku di lingkungan sekitarnya.

Dalam rangka pencegahan perundungan dan kekerasan di lingkungan sekolah, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta menggelar kegiatan Roots Day yang menampilkan Deklarasi dan Penandatanganan 30 Agen Perubahan Roots SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Acara ini sebagai puncak dari rangkaian agenda program Roots yang berlangsung selama 3 bulan, dari bulan Oktober sampai Desember 2021.

Sebanyak 30 Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang terpilih menjadi agen perubahan dikukuhkan menjadi Duta Anti Perundungan dan Agen Perubahan yang bertugas menyebarkan pesan dan perilaku baik di lingkungan sekolah. Adanya program Roots Indonesia ini diharapkan mampu menekan tingkat perundungan di kalangan remaja, khususnya di lingkungan sekolah agar tercipta suasana pembelajaran yang lebih positif.

Roots Day dihadiri secara langsung oleh Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kota Yogyakarta, bapak Ahmad Muhammad M.Ag, Kepala Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta, ibu Ngatini M.M, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, ibu Widi Astuti S.Pd, dan 3 tamu undangan dari sekolah SMK Muhammadiyah yang ada di Yogyakarta.

“Sekolah berperan penting menjadi tempat belajar yang menyenangkan dan aman bagi para siswa dan seluruh warga sekolah. Tugas selanjutnya untuk 30 agen perubahan agar ilmu yang didapat selama pelatihan selama ini dapat diimplementasikan kepada semua warga SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta”, ungkap ibu Ngatini, M.M selaku Kepala Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kota Yogyakarta, bapak Ahmad Muhammad M.Ag juga turut mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada 30 agen perubahan yang telah menjadi perwakilan dari seluruh siswa  SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Beliau juga mengajak kepada siswa 1 orang menebar seribu kebaikan sementara 30 siswa agen perubahan berarti menebar puluhan ribu kebaikan.

“Harapannya agar dapat terwujud generasi muda bangsa yang lebih positif, berkualitas, peduli, dan berakhlak mulia. Kegiatan Roots Indonesia bertujuan untuk memusatkan peran pelajar di sekolah sebagai “Agen Perubahan” yang kemudian bertugas menyebarkan pesan dan perilaku baik di lingkungan sekolah, khususnya kepada teman sebaya”, papar bapak Ahmad Muhammad M.Ag.

Informasi PPDB:
📱0818-0453-5768
📱0857-4756-7172
📱0857-0061-1817

🌏http://ppdb.smkmuh1-yog.sch.id
🌎https://smkmuh1-yog.sch.id

@kemdikbud.ri
@kamivokasi
@mitrasdudi
@direktoratsmk
@kursuskita
@diktivokasi
@dyandraacademy
@wikan_sakarinto