SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Siap Tanggap Bencana

SMKMUHIJOGJA- Pada hari Kamis (26/4/2018), SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengadakan Apel Kesiapsiagaan Bencana di Gedung Ar-rohmah, Nitikan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Acara tersebut diselenggarakan sebagai bentuk antisipasi terhadap bencana dan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2018. Bencana sendiri diartikan sebagai rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dab penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam ataupun manusia sehingga menimbulkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Dewi Retnaningsih, S.Pd., sedang mengisi Apel Kesiapsiagaan Bencana


Dewi Retnaningsih, S.Pd., selaku koordinator acara menerangkan bahwasanya kesiapsiagaan bencana perlu dilakukan, terlebih Yogyakarta sebagai kota yang rawan dengan bencana. “Kita mesti selalu waspada dan siap siaga. Gempa bumi, gunung meletus, puting beliung, longsor, kebakaran, dan bencana lain kan tidak dapat diprediksi kapan datangnya,” tukas perempuan yang juga menjabat sebagai Waka Kesiswaan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Widi Astuti, S.Pd., selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta menjelaskan bahwa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta selalu mengadakan acara serupa setiap tahunnya sebagai bentuk kepedulian dan antisipasi terhadap bencana. “Hampir setiap tahunnya, SMK Muhi mengadakan acara serupa. Hanya saja konsepnya yang disesuaikan. Bencana itu kan sebenarnya dekat dengan kita. Hanya saja terkadang kita lalai. Salah satu usaha sekolah adalah mensosialisaikan. Besok-besok, semisal ada bencana dan dimanapun, mereka tidak panik dan lebih siap,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *