Kurikulum

SMKMUHIJOGJA – Struktur dan muatan KTSP SMK ditetapkan melalui Peraturan Dirjen Dikdasmen Kemdikbud Nomor 07/D.D5/KK/2018 tentang Struktur Kurikulum SMK. Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan berisi Muatan Umum yang terdiri atas: (A) Muatan Nasional dan (B) Muatan Kewilayahan yang dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah dan (C) Muatan Peminatan Kejuruan yang terdiri atas Dasar Bidang Keahlian, Dasar Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian.

Struktur kurikulum SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta berisi Muatan Nasional yang terdiri atas 6 Mata Pelajaran yaitu: (1) Pendidikan Agama dan Budi Pekerti; (2) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan; (3) Bahasa Indonesia; (4) Matematika; (5) Sejarah Indonesia; (6) Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya. Muatan Kewilayahan berisi 5 Mata Pelajaran yaitu: (1) Seni Budaya dan (2) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, (3) Bahasa Jawa, (4) Pendidikan Al-Islam, (5) Ciri Khusus. Muatan Peminatan Kejuruan yang terdiri atas 3 subkelompok, yaitu: (1) Dasar Bidang Keahlian; (2) Dasar Program Keahlian; (3) Kompetensi Keahlian.

Berdasarkan kompetensi inti disusun mata pelajaran dan alokasi waktu yang sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan. Mata pelajaran wajib mencakup 12 (dua belas) mata pelajaran. Mata pelajaran pilihan untuk SMK terdiri atas pilihan akademik dan vokasional didalamnya terdiri pilihan sesuai dengan minat peserta didik. Beban belajar untuk SMK adalah 38 jam per minggu untuk kelas X, dan 52 jam untuk kelas XI dan XII. Dalam penetapan penjurusan sesuai dengan bidang/program/kompetensi keahlian mempertimbangkan Spektrum Pendidikan Menengah Kejuruan yang ditetapkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurikulum yang digunakan di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada tahun pelajaran 2021/2022 menggunakan Kurikulum SMK Pusat Keunggulan (PK) untuk kelas X, dan Kurikulum 2013 revisi 2018 untuk kelas XI, dan XII.