Beasiswa Unggulan Muhammadiyah (BU) 2017

Beasiswa Unggulan Muhammadiyah ditujukan kepada siswa yang saat ini (pada tahun akademik 2016/2017) sedang duduk di kelas XII MA/SMA/SMK yang mempunyai prestasi, berkemampuan akademik tinggi (prestasi di sekolah 5% yang terbaik), aktif dalam kegiatan organisasi Muhammadiyah atau organisasi otonom di bawah Muhammadiyah. Bagi hafidz/hafidzah Quran akan mendapatkan perhatian khusus. Beasiswa ini mencakup seluruh biaya kuliah di UMS mulai dari Dana Pengembangan, biaya kuliah hingga biaya wisuda. Program Beasiswa Unggulan Muhammadiyah berlaku untuk semua program studi, kecuali Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Program Double Degree.

    1. Fasilitas Penerima Beasiswa Unggulan Muhammadiyah

Penerima beasiswa Unggulan Muhammadiyah akan menerima fasilitas berupa:

    • Bebas dari pembayaran Dana Pengembangan.
    • Bebas dari biaya kuliah termasuk biaya SKS, biaya praktikum, dan biaya ujian skripsi. Penerima beasiswa dievaluasi tiap semester, dan jika prestasi tidak memuaskan, fasilitas ini dapat dibatalkan. Fasilitas ini tidak mencakup biaya ujian ulang skripsi, dan biaya praktik kerja lapangan atau praktik rumah sakit.
    • Bebas dari biaya wisuda.
    1. Syarat-Syarat Pendaftaran

Yang berhak mendaftar sebagai calon penerima Beasiswa Unggulan Muhammadiyah adalah:

    • Siswa kelas XII MA/SMA/SMK pada tahun akademik 2016/2017 (dibuktikan dengan foto copy rapor semester V Gasal 2016/2017).
    • Siswa yang selama di sekolah terlibat aktif dalam organisasi Muhammadiyah atau organisasi otonom di bawah Muhammadiyah (misalnya kegiatan IRM, Aisyiyah, Panti Asuhan Muhammadiyah, dan lain-lain).
    • Siswa yang memiliki prestasi akademik disekolah 5% terbaik (harus ada bukti dari sekolah dan mengisi formulir BU online).
  1. Prosedur Pendaftaran
    • Mengisi formulir pendaftaran dan portofolio beasiswa Unggulan Muhammadiyah secara on line (klik di sini). Yang berisi aktivitas/ keterlibatan/ kontribusi dalam amal usaha Muhammadiyah serta prestasi-prestasi lainnya yang mendukung.
    • Menyertakan surat rekomendasi dari Pimpinan Muhammadiyah Setempat tentang keterlibatan dalam kegiatan dan kepengurusan organisasi Muhammadiyah.
    • Menyertakan surat keterangan penghasilan orang tua yang disahkan oleh pejabat tempat institusi berkerja ataupun dari kepala desa bagi wirausaha/ tani/ buruh. Surat tersebut menyebutkan jumlah tanggungan keluarga.
    • Mengirim hasil cetak pendaftaran dan portofolio (yang sudah diisi pada point 1) beserta berkas bukti fisik pendukung, melalui pos ke Panitia PMB UMS 2017, Jl. A. Yani Tromol pos 1, Pabelan Surakarta 57102, atau fax +62 (271) 715 448, atau menyerahkan berkas ke panitia PMB di Gedung Siti Walidah UMS (diberi kode BU di sudut kanan atas amplop).
    1. Berkas Pendaftaran

Berkas yang harus dikirim dalam proses pendaftaran adalah:

    • Foto kopi rapor selama 5 semester (yang dilegalisir sekolah) sebagai bukti pendukung prestasi akademik 5% terbaik di sekolah.
    • Surat Rekomendasi Organisasi dari Pimpinan Muhammadiyah setempat (Asli)
    • Hasil cetak Formulir Pendaftaran BU (Beasiswa Unggulan) Muhammadiyah online (Asli)
    • Hasil cetak portofolio BU keaktifan dan keterlibatan di Muhammadiyah online (Asli)
    • Fotokopi bukti prestasi lain (dengan legalisir sekolah) jika ada
    • Surat keterangan penghasilan orang tua (Asli)
    1. Waktu Pendaftaran dan Pengumuman Hasil Seleksi

Proses seleksi penerimaan beasiswa Unggulan Muhammadiyah dilakukan dalam 2 gelombang dengan jadwal sebagai berikut:

Gelombang I Gelombang II
Batas penerimaan berkas 18 April 2017 12 Juni 2017
Proses seleksi dan wawancara dengan pimpinan UMS *) 25 – 29 April 2017 19 – 24 Juni 2017
Pengumuman hasil seleksi BU 2017 4 Mei 2017 29 Juni 2017

*) Jadwal wawancara akan diumumkan kemudian melalui website pmb.ums.ac.id

    1. Sistem Seleksi

Proses seleksi dilakukan terhadap dokumen yang dikirim calon penerima beasiswa dan wawancara langsung dengan calon penerima beasiswa. Wawancara Akademik dan Al Islam serta Kemuhammadiyahan akan dilakukan oleh Pimpinan UMS. Untuk itu, calon penerima diminta datang ke gedung Rektorat UMS pada tanggal dan jam yang akan diumumkan di website (pmb.ums.ac.id). Berdasarkan hasil evaluasi terhadap dokumen dan hasil wawancara, Pimpinan Universitas memutuskan nama-nama mahasiswa baru yang berhak menerima Beasiswa Unggulan Muhammadiyah 2017. Keputusan pimpinan UMS bersifat final.

    1. Registrasi

Mahasiswa baru yang dinyatakan lolos sebagai penerima Beasiswa Unggulan Muhammadiyah diharuskan menandatangani Surat Perjanjian dengan UMS. Mahasiswa kemudian melapor ke bagian registrasi di Gedung Siti Walidah UMS.

Contact Person
Untuk informasi lebih lanjut terkait beasiswa bagi mahasiswa baru, silakan menghubungi:
Ratnanto Fitiriadi (sms HP: 085728053523 )
Suryadi Telp. (0271) 717417 ext. 1107 atau (sms HP 08122982245)