Peserta Didik SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta ikuti Uji Sertifikasi BNSP

SMKMUHIJOGJA – Sejumlah 40 peserta didik yang terpilih dari kelas 12 di semua kompetensi keahlian di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengikuti Uji Sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dari SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan LSP KOMPUTER sebagai Pelaksana Uji Kompetensi.

Para peserta didik yang mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi ini, mengambil skema Operator Komputer Junior. Dalam penjelasan yang diberikan oleh Asesor, Bapak Irfan, “Skema operator komputer menguji kemampuan asesi dalam menggunakan komputer, mulai dari menghidupkan komputer hingga menggunakan perangkat lunak pengolah kata, lembar sebar serta presentasi”. Uji kompetensi ini dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu tahap pertama yang dinamakan dengan Registrasi dan Pra Assesment serta tahap 2 yaitu Assesment.

Registrasi dan Pra Assesment adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendaftarkan calon asesi menjadi asessi pada sebuah Lembaha Sertifikasi Profesi. Dalam hal ini, LSP yang digunakan adalah LSP Komputer. Selain mendaftar, mereka juga diminta untuk menilai diri sendiri menggunakan form APL02. Pelaksanaan registrasi dan pra asessment dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2017 di Laboratorium 4 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Assesment adalah kegiatan mengukur keterampilan dan kemampuan dari asesi sesuai dengan skema yang dipilih. Assesment dilaksakan pada tanggal 12 dan 23 Oktober 2017. Bagi yang lulus akan mendapatkan sertifikat dari BNSP yang berlaku di ASEAN.

Harapan sekolah, semoga dengan ujian ini pada asesi mendapat bekal lebih dalam menghadapi tantangan masa depan yaitu persaingan kerja di ASEAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *