Akreditasi A untuk Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika

SMKMUHIJOGJA – Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika mendapatkan akreditasi A berdasarkan surat keputusan bernomor 10.02/BAP-SM/TU/XI/2017 yang tertanggal pada 10 November 2017. Sebuah capaian yang luar biasa, karena akreditasi pada tahun ini menggunakan perangkat akreditasi terbaru dan mampu mempertahankan akreditasi pada periode sebelumnya.

Penyampaian hasil Akreditasi dilaksanakan secara bersama-sama se-DIY di semua jenjang pendidikan pada tanggal 7 Desember 2017 yang bertempat di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Hasil akreditasi A membuktikan bahwa Program keahlian Teknik Komputer dan Informatika sudah memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian. Akreditasi merupakan salah satu alat utuk mengukur sistem penjaminan mutu dari sebuah sekolah. Sistem penjaminan ini dinamakan sebagai Sistem Penjaminan Mutu Eksternal, dimana pada sebuah penjaminan mutu pendidikan di sekolah melibatkan unsur dari luar untuk melakukan supervisi. “Syukur Alhamdulillah dengan hasil akreditasi Ini menjadi tantangan bagaimana mempertahankan status A ke depan. Kami akan terus meningkatkan kualitas proses belajar, kerjasama dengan pihak luar, bahkan meningkatkan kualitas pendididk dan tenaga kependidikan demi terciptanya pendidikan yang bermutu di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, sehingga kami berharap bisa sejajar dan lebih dari sekolah lainnya yang sudah lama mendapat akreditasi A.” ujar Ibu Widi Astuti, S.Pd., Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Kondisi ini amat menguntungkan dalam penerimaan peserta didik baru tahun selanjutnya. Diyakini, animo masyarakat akan terus meningkat untuk memilih program keahlian yang berakreditasi A, karena orangtua tetap menjadikan akreditasi sebagai barometer mutu sebuah sekolah.

Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, mempunyai 3 Kompetensi Keahlian yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan serta Multimedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *