Khataman Qur`an Kelas XII

khataman

Khataman – Pendidikan karakter pada siswa dapat dibentuk dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memadukan metode religius dan kedisplinan.

SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta menerapkan pendidikan karakter dengan mengharuskan siswa datang lebih pagi untuk melaksanakan tadarus Al qur`an.

“Peserta didik diharuskan datang lebih pagi karena kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB, ” kata Dewi Retnaningsih, S.Pd., Staff Kesiswaan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.“

Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan religius dirasakan penting untuk menghindari perbuatan menyimpang siswa, dengan benteng agama.

“Dengan bekal ilmu agama yang baik, setiap siswa mempunyai tameng dalam diri mereka untuk menjauhi perbuatan yang buruk,” jelas Dewi Retnaningsih, S.Pd.

Ia juga menjelaskan bahwa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan dengan basis agama. Oleh karena itu, pendidikan secara islami harus ada disetiap sendi pembelajaran di sekolah.

Selain ibadah, di sekolah juga terdapat program pengajian kelas dan silaturahmi dengan mendatangi rumah para siswa. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan nilai spiritual siswa.

Pengujian Kelas XII

Siswa di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta diwajibkan untuk khatam Al Qur`an sehingga dari awal kelas X hinggal kelas XII siswa diwajibkan mengikuti tadarus setiap pagi di sekolahan.

Pada masa akhir pengajaran kelas XII maka akan dilakukan khataman Al Qur`an pada siswa dan siswi kelas XII.

Maka dari itu sekolah mengharuskan siswa dan siswinya untuk selalu ikut berperan dalam tadarus setiap pagi agar semakin meningkatkan nilai spiritual siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *