Cetak Animator Handal, Pelajar SMK Muhiyo Ikuti Kelas CoE Animasi

Siswa sedang mengerjakan project animasi modelling jenis ruang lab

SMKMUHIYO – SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang telah ditunjuk oleh Direktorat SMK Kemdikbud sebagai Pusat Keunggulan atau Center of Excellence (CoE) dalam bidang Ekonomi Kreatif, terus menumbuhkan inovasi dan kreasi dalam lingkungan sekolah.

Selain kegiatan workshop yang diikuti tenaga kependidikan, juga digelar kelas animasi 3D yang diikuti 30 siswa dari tiga kelas kompetensi keahlian Multimedia SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Puluhan siswa kelas XI Multimedia mempelajari salah satu proses Animasi 3D diantaranya modelling, dimana seorang animator membuat objek yang ada di dunia nyata diaplikasikan ke dalam bentuk animasi.

“Jadi, kelas animasi ini siswa membentuk barang di sekitarnya seperti meja kursi dan sebagainya yang dijadikan model objeknya. Itu proses modelling,” Jelas Wulantika Arini, S.Pd.

Kelas CoE Animasi tersebut berlangsung pada tanggal 8-22 November 2020 setiap pekannya lima kali pertemuan, dengan dengan menghadirkan guru tamu dari IDUKA yaitu Ziemotion Animation Studio. Siswa yang mengikuti kelas CoE animasi pun terbagi dengan jadwal dan menggunakan tiga laboratorium komputer sekolah, dengan menetapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

Selama dua pekan tersebut, siswa kompetensi keahlian Multimedia telah mengerjakan 3 project work, diantaranya modelling animasi ruang lab, ruang kelas, dan ruang bebas.

“Bidang animasi 3D saat ini memiliki prospek industri yang menjanjikan meskipun di kancah nasional masih belum terlalu dilirik. Justru industri animasi itu dilirik oleh negara tetangga. Saya berharap siswa SMK Muhiyo juga bisa bersaing di dunia global ini,” terangnya. (ak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *