Melihat proses produksi di Studio Animasi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Siswa sedang mengerjakan sketsa desain karakter animasi

SMKMUHIYO– Pada tahun ini, Kompetensi Keahlian Multimedia khususnya kelas Animasi melakukan kegiatan Praktik Industri berbasis project yang bekerjasama dengan IDUKA, Zie Motion Animation Studio di Studio Animasi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Hal tersebut sebagai keberlanjutan dari program CoE (Center of Exellence) Animasi dari Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Dengan adanya studio Animasi ini diharapkan para siswa dapat melatih kemampuannya di bidang Animasi sesuai kebutuhan industri agar siap terjun di dunia kerja” ungkap Kepala SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Widi Astuti, S.Pd.

Kegiatan praktik industri ini berlangsung selama 3 bulan, mulai 8 Maret 2021 sampai dengan 28 Mei 2021, yang dilaksanakan di Studio Animasi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Ketua Kompetensi Keahlian Multimedia sekaligus pembimbing praktik industri, Wulantika Arini, S.Pd menjelaskan kegiatan praktik industri tersebut diikuti oleh 29 siswa dari kelas Animasi (XI MM 3), dan teknis pelaksanaannya tetap menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

“Tahap produksi yang dikerjakan diantaranya proses pra produksi animasi 2D, pembuatan assets (elemen) yang dibutuhkan, proses penataan assets, proses animate (membuat gerakan objek), dan pasca produksi. Project diberikan langsung oleh Industri dan Dunia Kerja (IDUKA), Zie Motion”, jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *