Workshop Penyusunan Program Praktik Kerja Lapangan

Workshop Penyusunan Program Praktik Kerja Lapangan merupakan salah satu agenda penting dalam peningkatan mutu peserta didik melalui Program Praktik Kerja Lapangan. Praktik Kerja Lapangan adalah suatu kegiatan pendidikan yang wajib diikuti untuk siswa/siswi SMK. Pada kegiatan ini pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia industri atau dunia kerja. Harapannya supaya peserta didik mampu mempraktikkan secara nyata sehingga terjadi ataupun peningkatan mutu peserta didik sesuai dengan kompetensinya. Dengan kesesuaian kompetensi diharapkan dapat menambah bekal guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dan bersaing.

Workshop Penyusunan Program PKL

Dalam pelaksanaannya, PKL dilakukan dengan prosedur tertentu yang disesuaikan dengan kesepakatan dengan Dunia Usaha / Dunia Industri dan Dunia Kerja. Bagi peserta didik yang melaksanaan PKL disuatu tempat kerja, setidaknya sudah dibekali dengan kemampuan dasar sesuai bidang kompetensinya. Dengan kata lain sudah mendapatkan bekal dari pembimbing di sekolah sesuai ilmu dasar yang akan diterapkan di tempat kerja. Hal tersebut terungkap setelah dilakukannya diskusi dengan perwakilan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja pada saat yang lalu. Hadir dalam kesempatan tersebut, PT. Sarana Insan Muda Selaras (LifeMedia), PT. Arah Dunia Televisi (ADiTV), Kantor Mitra Konsultan, Ziemotion Studio Animasi dan CV. Intersolusindo Komputama.

Dalam pertemuan yang bertajuk Workshop Penyusunan Program Praktik Kerja Lapangan, sekolah berkesempatan berdiskusi dengan DUDIKA tentang Praktik Kerja Lapangan. Dalam diskusi sekolah banyak mendapatkan masukan mengenai prosedur untuk penerapan Praktik Kerja Lapangan. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut, mendapatkan hasil berupa skema/ silabus Praktik Kerja Lapangan, jadwal Praktik Kerja Lapangan dan prasyarat yang harus dipenuhi oleh peserta didik sebelum penerjunan.

Selain DUDIKA hadir dalam Workshop Penyusunan Program Praktik Kerja Lapangan yaitu mitra pendamping sekolah yang berasal dari Balai Besar Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni Budaya Yogyakarta, Bapak Masrukhan Budiyanto, S.H., M.M. Hadir pula pendamping dari Perguruan Tinggi, Institut Seni Indonesia, yang pada kesempatan tersebut memberikan pesan bahwa kegiatan ini tidak hanya sekedar pembuatan program, namun harus ada bukti secara nyata terhadap program yang telah disepakati antara sekolah dengan DUDIKA.

Tanggapan DUDIKA

Tanggapan DUDIKA pada acara pembukaan, diberikan kepada Ziemotion Animation Studio. Ziemotion Animation Studio memberikan laporan tentang progress pengerjaan proyek Animasi. Proyek Animasi ini merupakan hasil kesepakatan antara SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan PUSDATIN Kemendikbudristek. Kemudian, pada akhir acara DUDIKA PT. Sarana Insan Muda Selaras (LifeMedia) juga memberikan pemaparannya terkait hasil yang diperoleh selama 2 hari. Pada prinsipnya, DUDIKA mendukung program Praktik Kerja Lapangan dengan pembekalan yang cukup di awal.