Penyegaran Pembimbing PKL 2022

SMKMUHIJOGJA – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) tahun pelajaran 2021/2022, Panitia PKL SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta menyelenggarakan Penyegaran Pembimbing PKL 2022 yang dilaksanakan pada Kamis, 24 Februari 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pembimbing Praktik Kerja Lapangan tahun pelajaran 2021/2022 beserta Panitia PKL SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Kegiatan ini adalah Pembekalan Pembimbing PKL, namun karena mayoritas pembimbing adalah pembimbing lama, maka konsep pembekalan digantikan dengan penyegaran.

Dalam sambutan dan pengarahnnya, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Ibu Widi Astuti, S.Pd. tujuan utama dari Penyegaran Pembimbing PKL 2022 yaitu untuk melakukan refreshment persamaan persepsi antar pembimbing PKL dalam pembimbingan peserta PKL, monitoring dan penyusunan laporan PKL, sehingga diharapkan tidak ada lagi perbedaan persepsi seperti pengalaman PKL sebelumnya.

Eko Priyo Triasmoro, S.T. selaku Koordinator Hubungan Industri dan Ketua Panitia PKL menyampaikan pemaparan tentang Alur Pelaksanaan, Penyusunan Program, Pembekalan Peserta, Pola Penyelengaraan dan Kalender Kegiatan PKL. “Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama 3 bulan yang insya alloh akan memberi manfaat besar bagi sekolah seperti meningkatkan hubungan kerja dengan DUDIKA yang saling menguntungkan, sinkronisasi kurikulum dengan DUDIKA, memperkuat karakter budaya kerja industri dan meningkatkan kualitas lulusan” jelasnya.

“Untuk peserta Praktik Kerja Lapangan (PKL), model KBM selama PKL dilaksanakan secara Daring/ Online melalui LMS SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Harapannya peserta PKL tetap mendapatkan materi untuk persiapan Ujian Akhir Semester Genap akan diselenggarakan pada bulan Juni 2022. Pemberian materi dilakukan dengan interval tiap 2 pekan sekali dimulai dari pekan ke-3 pelaksanaan PKL.” ucap Bibi Imna Zanu, S.Pd.Si selaku Waka Kurikulum.

Adapun jumlah pembimbing yang terlibat adalah sebanyak 21 pembimbing yang akan mengampu 196 peserta PKL yang tersebar di 58 DUDIKA tempat Praktik Kerja Lapangan. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan Buku Pedoman Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan untuk Guru Pembimbing sebagai pedoman pelaksanaan PKL tahun 2021/2022. Diinformasikan pula bahwa Pelaksanaan Pembekalan Umum akan dilaksanakan pada 1 Maret 2022 oleh Tim Pembekalan, kemudian dilanjutkan dengan penerjunan pada 10 – 11 Maret 2022 langsung oleh Pembimbing ke tiap-tiap DUDIKA.