SMKMUHIJOGJA – Benchmarking merupakan salah satu cara untuk menemukan kunci atau rahasia sukses dari sebuah institusi kemudian mengadaptasi dan memperbaikinya agar dapat diterapkan pada institusi yang melaksanakan benchmarking tersebut. Pada kegiatan benchmarking SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta di SMK Negeri 4 Malang, sekolah bisa mengamati dan mengadaptasi proses belajar yang berlangsung secara sistematis, terus menerus, dan terbuka. Karena benchmarking tidak sekedar mengumpulkan data, melainkan yang lebih penting adalah apa rahasia dibalik pencapaian kinerja yang terlihat dalam data yang diperoleh.
Sebagai salah satu sekolah pusat keunggulan, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kinerjanya melalui beberapa program SMK Pusat Keunnggulan, salah satunya melalui kegiatan bechmarking. Kegiatan berchmarking ini sebagai upaya untuk menganalisis dan mendapatkan informasi dari segala aspek kependidikan, mulai dari kurikulum dan pembelajaran, kesiswaan, teaching factory dan praktik kerja lapangan, ekstrakurikuler dan pengembangan diri, serta pengembangan jurusan. Dalam kegiatan bencmarking ini SMK Muhammadiyah 1 Yogyakata mengunjungi salah satu SMK Pusat Keunggulan lain, yakni SMK N 4 Malang.
Kegiatan benchmarking dilaksanakan pada Jum’at, 9 September 2022 di SMK Negeri 4 Malang, Jl. Tanimbar No.22, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang. Kegiatan benchmarking ke SMK Negeri 4 Malang diikuti oleh kurang lebih 50 orang guru dan karyawan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Dalam melakukan benchmarking, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta menyoroti beberapa bidang diantaranya Kurikulum, Kesiswaan, Ekstrakurikuler dan Pengembangan Diri, Praktik Kerja Lapangan dan Teaching Factory, dan Pengembangan Animasi. Guru dan karyawan yang mengikuti benchmarking dibagi dalam 5 kelompok sesuai bidang tersebut dan membuat review dalam bentuk laporan.
Kepala SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Widi Astuti, S.Pd dalam sambutannya saat pembukaan acara benchmarking di SMK Negeri 4 Malang menyampaikan bahwa kegiatan benchmarking tidak hanya melakukan pengamatan saja di sekolah tetapi harus ada perubahan signifikan dengan mengambil hal-hal baik yang bisa diterapkan dalam 5 bidang kerja yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.