Hari Pertama Sekolah, Syawalan dan Pembukaan Pengenalan Lingkungan Sekolah

SMKMUH1JOGJA – Hari ini 18 Juli 2016 merupakan hari pertama sekolah. Seluruh peserta didik, guru dan karyawan memulai lagi aktifitasnya untuk menjalankan roda pendidikan di sekolah masing-masing, begitu pula dengan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Di hari pertama ini diawali dengan pelaksanaan Syawalan dan Pembukaan Pengenalan Lingkungan Sekolah. Acara yang digelar di Gedung Arrohmah ini diawali dengan pidato sambutan awal tahun pelajaran 2016/2017 yang disampaikan oleh Kepala SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Bapak Drs. H. Suprihandono, M.M. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan rasa bangga terhadap prestasi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta dalam segi jumlah peserta didik di tahun ini yang berjumlah 555 peserta didik untuk seluruh tingkat dan kompetensi keahlian. Juga ucapan selamat datang dan bergabung di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta kepada para peserta didik baru kelas 10. Tidak lupa beliau juga memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh civitas SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta atas kerja kerasnya, kerjasamanya, kekompakannya dalam memajukan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pesan beliau kepada seluruh siswa, “Jangan cepat puas dalam menuntut ilmu, kembangkan kemampuan akademis dan non akademis kalian, sehingga kalian dapat berkembang lebih daripada yang lain. Jika para siswa dapat berkembang lebih baik, maka nama besar SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta juga akan ikut besar karena prestasi yang dicapai oleh para peserta didiknya”. Pada kesempatan tersebut kepala sekolah sekaligus membuka acara Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Forum Taaruf dan Orientasi Peserta didik Baru SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pesan beliau kepada para peserta didik baru, “Jadikan kegiatan ini sebagai ajang untuk mengenal seluk beluk sekolah, kultur sekolah, dan kebiasaan sekolah juga keluarga besar SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, sehingga para peserta didik baru dapat langsung beradaptasi dengan lingkungan barunya”.

Selanjutnya pada acara tersebut dibacakannya ikrar syawalan oleh Ibu Prety Etika, S.Hum. dan doa oleh Bapak Joko Supriyanto, S.Pd. Pada kesempatan itu pula diperkenalkannya perangkat sekolah dan guru karyawan oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Ibu Widi Astuti, S.Pd., diantaranya adalah pengenalan wali kelas, guru pengampu mata pelajaran dan juga guru baru yang bergabung di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Khusus untuk kelas 11, walikelas mayoritas tetap seperti ketika kelas 10, sedangkan untuk kelas 12 hanya kelas 12 TKJ yang wali kelasnya tetap seperti saat kelas 11. Sedangkan untuk kelas 10, wali kelas diisi dengan formasi baru.

Pada tahun pelajaran 2016/2017, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta telah mendapatkan peserta didik baru sebanyak 225 peserta didik, yang terbagi pada 3 kompetensi keahlian yaitu Teknik Komputer dan Jaringan 1 rombel, Multimedia 3 rombel dan Akuntansi 2 rombel. Jumlah peserta didik baru saat ini naik sebesar 10% dari tahun lalu. Sehingga sampai pada saat ini jumlah peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebanyak 555 peserta didik. Sebuah peningkatan prestasi yang cukup membanggakan. Prestasi ini didapatkan karena kerja keras serta kekompakan semua unsur di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *