Pameran Klinik Sains DIY, SMK Muhi Tampilkan 2 Stand

SMKMUHIJOGJA  – Dalam rangka mengembangkan kreativitas siswa SMK, Rabu pagi 15 September 2016 Pameran Pengembangan Kreativias Siswa SMK se Daerah Istimewa Yogyakarta resmi dibuka di Gedung Kotak Taman Pintar Yogyakarta. Kegiatan Pameran Kreativitas Siswa SMK ini untuk mengapresiasi dan mewadahi hasil karya siswa yang disusun oleh kelompok menuju pengembangan kreativitas karya ilmiah siswa SMK. salah satu tujuan kegiatan ini adalah mempromosikan karya siswa SMK kepada masyarakat luas, dunia usaha dan dunia industri.

Kegiatan ini sudah dimulai sejak bulan Maret 2016, yaitu diawali siswa menyerahkan proposal penelitiannya. SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengirimkan 4 proposal untuk mengikuti kegiatan tersebut dibawah bimbingan dari Ibu Bibi Imna Zanu dan Ibu Candara Utami, namun sampai pada tahap penilaian proposal berhasil lolos 2 proposal yaitu Salep Wangi Getah Bonggol Pisang Pereda Gatal yang digagas oleh Farah Nadya Syarifah dan Evilia Nilasari serta Automatic Fish Feeder (Memberi makan ikan secara otomatis) oleh Adiyati Nurlina dan Maryam Nur Hajiddah.

Salep Wangi Getah Bonggol Pisang Pereda Gatal

IMG-20160916-WA0016

Digagas oleh Farah Nadya Syarifah dan Evilia Nilasari yaitu dengan pembuatan pemanfaatan getah bonggol pisang untuk dijadikan salep. Riset ini berdasarkan fakta bahwa getah bonggol pisang sering dipakai sebagai alternatif pengobatan tradisional. Dengan pemikiran mereka, maka dibuatlah salep pereda gatal dengan bonggol pisang.

 

Automatic Fish Feeder
IMG-20160915-WA0001Fenomena kesibukan manusia yang sangat tinggi, menuntut segalanya serba ringkas dan otomatis. Berdasarkan suatu kasus bahwa sering terbengkelainya binatang peliharaan pada saat ditinggal bepergian beberapa waktu, kedua siswa ini menggagas dibuatkannya Automatic Fish Feeder yang terjangkau harganya oleh masyarakat umumnya. Automatic Fish Feeder dibuat dengan memadukan motor listrik dc, kaleng bekas dan pipa paralon, serta untuk mengatur waktu pemberian makan mereka menggunakan sistem jam analog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *