Otot Kawat Balung Wesi

Otot Kawat Balung Wesi, Ono UNBK Aku Ra Wedi

SMKMUHIJOGJA – Adalah sebuah ungkapan semangat dari siswa-siswi kelas 12 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang sangat menggelitik, “Otot Kawat Balung Wesi, Ono UNBK Aku Ra Wedi”. Sebuah ungkapan semangat untuk menempuh Ujian Akhir bagi Siswa Kelas 12. Bagaimana mereka tidak membuat slogan seperti itu, dikarenakan mulai dari akhir bulan februari hingga hampir dipenghujung bulan Maret mereka melaksanaan Ujian terus menerus. Ujian tersebut dimulai dari Uji Kompetensi Keahlian atau yang disingkat dengan UKK. UKK ini merupakan Ujian Praktik Kejuruan dengan standar Nasional. Mereka akan diuji keterampilan dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan Kompetensi Keahlian yang diikutinya. Dalam ujian ini, mereka akan dinilai oleh Asessor dari DU/DI.

Ujian selanjutnya adalah Ujian Praktik Sekolah dan dilanjutkan dengan Ujian Sekolah Bersama Muhammadiyah (USBM) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang jumlah mata ujinya sebanyak 21 mata uji.  Untuk USBM, siswa mengerjakan soal dari kelompok Al-Islam dan kemuhammadiyahan yang diterbitkan oleh Majelis Dikdasmen PWM DIY.

Diakhir penghujung minggu terakhir dibulan Maret, siswa-siswi diberikan motivasi untuk siap melaksanakan UNBK. Salah satu persiapannya adalah mereka meminta restu kepada Bapak Ibu Guru Karyawan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Disinilah rasa haru itu terjadi, “Anak-anakku, belajarlah dengan sebaik-baiknya, jangan lupakan sholat, karena dengan sholat itulah kamu bisa menjadi lebih baik. Ingatlah, Jika seseorang sedang berusaha memperbaiki sholatnya, maka dia sedang memperbaiki hidupnya”, ungkap salah seorang guru.

Akhirnya, diawal bulan April besok mereka akan melaksanakan UNBK, mohon doa restunya semoga siswa-siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebanyak 173 siswa dapat mengerjakan soal UNBK dan diberikan kemudahan untuk mengerjakannya. Siap nggak siap harus dihadapi dan Otot Kawat Balung Wesi, Ono UNBK Aku Ra Wedi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *