Bukti Nyata SMK Center Of Excellence (COE) Animasi

SMKMUHIYO– Sebagai bukti nyata penetapan SMK CoE, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta bekerjasama dengan Pusdatin Kemendikbud Ristek akan memproduksi video animasi pembelajaran. Dalam pekan ini, proses tahapan produksi sedang berlangsung setelah penandatangan MoU antara Pusdatin Kemendikbud Ristek dengan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY meminta SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta untuk menjaga kepercayaan yang diberikan oleh Kemendikbud sebagai SMK CoE. Selain itu, pembuatan produksi video animasi pembelajaran harus dikerjakan dengan maksimal dan sesuai yang diharapkan Kemendikbud.

Ketua Majelis Dikdasmen PWM DIY, Achmad Muhammad, M.Ag. memaparkan setelah penandatanganan kerjasama tersebut diharapkan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta bisa bekerja keras untuk mewujudkan pembuatan video animasi pembelajaran tersebut. Pihaknya yakin kepercayaan ini bisa berdampak bagi branding sekolah.

“Tentu dengan semangat dan kerja keras, hal ini akan berdampak di hadapan kementerian khususnya di Dirjen Vokasi SMK dan juga masyarakat luas. Yang tak kalah pentingnya juga pada peningkatan kompetensi, muaranya bagaimana lulusan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta bisa terserap di dunia IDUKA atau wiraswasta,” kata Achmad.

Video animasi pembelajaran dirancang oleh guru produktif Animasi dan dukungan dari sejumlah guru kompetensi keahlian Multimedia, kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), serta kompetensi keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi (Broadcasting). Dukungan tersebut mulai dari persiapan pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Selain itu, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta melibatkan Ziemotion Animation Studio sebagai pihak dari lduka.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Widi Astuti, S.Pd. menjelaskan pengerjaan video animasi pembelajaran ini merupakan wujud output dari SMK CoE yang digaungkan oleh Dirjen Vokasi SMK, sehingga menjadi tantangan sekolah untuk mewujudkan program tersebut.

“Kami ingin mengembangkan CoE Animasi sehingga kami berusaha mewujudkan program tersebut dan kami siap memenuhi target dari Pusdatin. Video animasi pembelajaran ini juga sebagai bukti nyata kami dipercaya sebagai SMK CoE,” kata Widi Astuti.

Video Animasi Pembelajaran diproduksi sebanyak 10 topik terdiri dari beberapa mata pelajaran Sekolah Dasar. Proses pengerjaan direncanakan berdurasi empat bulan. Belum berakhir sampai di sini saja, perjuangan dan kerja keras SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta masih akan terus berlanjut dengan ditunjuk menjadi SMK Pusat Keunggulan bidang ekonomi kreatif tahun 2021 pada tahap pertama. (adv/smkmuhiyo)

Dikutip dari Harian Kedaulatan Rakyat yang terbit pada Rabu, 5 Mei 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *