Pendampingan Implementasi Pembelajaran SMK Pusat Keunggulan Tahun 2021

SMKMUHIYO – Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan adalah program yang berfokus pada pengembangan serta peningkatan kualitas dan kinerja SMK dengan bidang prioritas yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia kerja, agar menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha dan menjadi SMK rujukan serta pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Terpilihnya SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai SMK Pusat Keunggulan pada tahun 2021 ini menjadikan perubahan paradigma Pendidikan yang semakin maju. SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta mendapatkan Pendampingan Implementasi Pembelajaran Paradigma Baru SMK Pusat Keunggulan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya DIY. Pendampingan yang diselenggarakan di studio animasi ini merupakan rangkaian yang harus dijalani setelah  SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta ditunjuk menjadi salah satu Sekolah Pusat Keunggulan Tahun 2021. Hadir sebagai pendamping Bapak Rohmat Sulistya, S.T., M.Si. dan Bapak Khumaidi Usman, M.Pd.

Pendampingan ini diselenggarakan selama dua hari yakni tanggal 12 s.d. 13 Oktober 2021 dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.  Kepala  SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Ibu Widi Astuti, S.Pd., memulai acara pendampingan dengan mengucapkan terimakasih atas pendampingan yang intensif dari BBPPMPV Seni dan Budaya DIY.

Pendampingan dilakukan dengan tujuan untuk mereview progress kegiatan implementasi pembelajaran paradigma baru SMK Pusat Keunggulan di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Hal-hal yang direview oleh pendamping adalah Dokumen Kurikulum Operasional Sekolah (KOS), Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar. Pendamping BBPMPV juga melakukan observasi pembelajaran langsung baik yang tatap muka di kelas (luring) maupun melalui LMS (daring).

“Kami selaku pendamping sangat mengapresiasi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta karena sudah melaksanakan rangkaian kegiatan SMK PK dengan baik, dan bahkan diluar ekspektasi” ungkap Bapak Rohmat Sulistya, S.T., M.Si. selaku pendamping dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya DIY.