Pembekalan Praktik Kerja Lapangan

SMKMUHIJOGJA – Pembekalan Praktik Kerja Lapangan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta diberikan kepada seluruh peserta didik kelas XI yang akan melaksanakan Program Kerja Lapangan (PKL) Tahun 2022. Pembekalan Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu tahap 1 adalah pembekalan dari DUDIKA dan tahap 2 adalah pembekalan dari Sekolah.

Pembekalan tahap pertama, dilaksankan pada 2 Februari 2022 dengan menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten untuk memberikan pengetahuan seputar kegiatan PKL di Dunia Usaha maupun Industri nantinya. Di antara narasumber yang hadir memberikan materi adalah dari PT. Media Sarana Data, Ziemotion Animation Studio, PT. Arah Dunia Televisi (ADiTV) dan Kantor Mitra Konsultan. Sedangkan Pembekalan tahap kedua, akan dilaksanakan pada 1 Maret 2022.

“Pembekalan peserta didik pada tahun ini berbeda dari tahun yang lalu. Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi atas masukan dari DUDIKA berdasarkan evaluasi kegiatan PKL yang dilaksankan pada tahun lalu. Dalam kegiatan tahap pertama ini diharapkan peserta didik memiliki pengetahuan tentang dunia kerja dan dunia industri, budaya kerja industri serta tantangan yang harus dihadapi ketika melaksanakan PKL”, jelas Koordinator Hubungan Industri SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Eko Priyo Triasmoro, S.T.

“Saya berpesan kepada seluruh anak-anak kami, untuk selalu berhati-hati dan mengutamakan K3 pada saat berkerja di tempat perusahaan atau industri. Selanjutnya berkaitan dengan masih berlangsungnya pandemi Covid-19, anak-anak harus selalu mentaati protokol kesehatan, sudah vaksin lengkap dan bila perlu ikuti vaksin boster”, jelas perwakilan DUDIKA PT. Media Sarana Data memberikan pemaparan.

Pada akhir kegiatan Pembekalan Praktik Kerja Lapangan, peserta didik kelas XI mengikuti arahan untuk menggemakan yel-yel sebagai tanda bahwa peserta didik kelas XI siap untuk mensukseskan kegiatan PKL.